Sabtu, 10 Januari 2009

Haji Sontoloyo

Ketika melihat gambar ini, saya jadi teringat dengan cerita masa kecil saya. Sejak kecil, saya memang akrab dengan cerita dan dongeng-dongeng. Ini bukan berarti saya (waktu kecil) adalah seorang anak yang rajin membaca buku, akan tetapi cerita-cerita itu mengalir dari mulut kakak laki-laki saya, kakek, pak lik dan pak de saya. Nah gambar yang di samping ini mengingatkan saya pada cerita tentang seseorang yang bernama Sontoloyo yang baru pulang naik haji . Nah pak Haji Sontoloyo ini adalah seorang yang lugu (baca: bodoh) tapi sok pintar. Ketika di Mekkah, dia melihat loh...kok di sana boleh sholat menghadap ke arah mana saja ya? baik itu barat, utara, timur ataupun selatan. Nah sepulang dari Mekkah, pak haji Sontoloyo yang sedang giat-giatnya beribadah ini -dengan keluguannya- berusaha untuk mempraktekkan ilmu tentang sholat yang dia dapat dari Mekkah itu. Jadinya ya... beginilah hasilnya. (he..he...)
(Lihat gambar!) Kata orang yang ada di sebelah pak haji Sontoloyo: "Aduh..! kok bau kentut ya..?"

Tidak ada komentar: